A PENGARUH DIGITAL MARKETING, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PEMBELIAN BATIK DI E-COMMERCE TIKTOK SHOP)

Penulis

  • Rizky Ramadhan Aprian Aditama Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Nike Larasati Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Mutya Paramita Pratita Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53916/jam.v35i2.140

Kata Kunci:

Digital marketing, Citra merek, Kepercayaan konsumen, Keputusan pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian baju batik di aplikasi tiktok shop. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahu pengaruh kepercayaan konsumen memediasi hubungan digital marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian baju batik di aplikasi tiktok shop. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 3,396 > t-tabel 1,660, dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 4,913 > t-tabel 1,660. Dapat disimpulkan bahwa Dengan menggunakan strategi digital marketing yang tepat, bisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen, membangun hubungan dengan mereka, dan mendorong mereka untuk membeli produk atau layanannya. Dengan menggunakan digital marketing secara efektif, bisnis dapat meningkatkan penjualan dan keuntungannya. Bisnis dapat menggunakan berbagai strategi untuk membangun citra merek yang positif, seperti menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi, memberikan layanan pelanggan yang baik, dan membangun komunikasi yang efektif dengan konsumen.

Diterbitkan

2024-08-29