KEMUDAHAN PENGGUNAAN SEBAGAI PENGGERAK UTAMA KEPUTUSAN TRANSAKSI GOPAY: EVALUASI PERAN PROMOSI DAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.53916/jam.v36i2.132Kata Kunci:
Kemudahan Penggunaan, Bauran Promosi, Keputusan Bertransaksi, Gender, E-walletAbstrak
Penelitian ini mengkaji pengaruh kemudahan penggunaan dan bauran promosi terhadap keputusan bertransaksi menggunakan GoPay, serta peran moderasi gender. Melalui purposive sampling, data dikumpulkan dari 103 responden pengguna GoPay via Google Forms dan dianalisis menggunakan Hayes PROCESS macro di SPSS 24. Hasil menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap keputusan bertransaksi, artinya semakin mudah aplikasi digunakan, semakin tinggi kemungkinan pengguna bertransaksi. Sebaliknya, bauran promosi tidak berpengaruh, diduga karena penggunaan GoPay sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup, didukung ekosistem digital yang luas dan reputasi aplikasi. Uji moderasi juga menunjukkan bahwa gender tidak memengaruhi hubungan antara kemudahan penggunaan dan keputusan transaksi. Temuan ini menekankan pentingnya aspek fungsional dan kemudahan dalam aplikasi e-wallet dibanding faktor promosi dalam membentuk keputusan konsumen.