THE INFLUENCE OF PSYCHOLOGICAL COST, RELIGIOSITY, LOVE OF MONEY, EDUCATION LEVEL AND TAX SOCIALIZATION ON INDIVIDUAL TAXPAYER COMPLIANCE

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.53916/jam.v35i3.144

Kata Kunci:

Taxpayer’s Compliance, Psychological Cost, Religiosity, Love of Money, Education Level, Socialization of Taxation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya psikologis, religiusitas, kecintaan terhadap uang, tingkat pendidikan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan e-kuesioner (google form). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Program SPSS dipergunakan untuk mengolah dan menguji data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, sosialisasi perpajakan, dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini tidak mampu menemukan bukti yang mendukung pengaruh biaya psikologis, kecintaaan terhadap uang. Sosialiasi perpajakan memiliki pengaruh tertinggi terhadap kepatuhan wajib pajak diikuti religiusitas dan tingkat pendidikan. Dominasi responden dari kalangan karyawan penerima penghasilan yang telah dipotong pajak merupakan kelemahan artikel ini.

Diterbitkan

2024-12-30