PENGARUH MENTAL ACCOUNTING, LITERASI PERPAJAKAN, DIGITALISASI PERPAJAKAN, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPATUHAN PAJAK ORANG PRIBADI
DOI:
https://doi.org/10.53916/jam.v36i1.157Kata Kunci:
Mental-accounting, literasi-perpajakan, digitalisasi-perpajakan, media-sosial, kepatuhan-pajakAbstrak
Kepatuhan wajib pajak merupakan salah satu aspek kunci dalam keberhasilan pengelolaan keuangan negara. Akan tetapi, tingkat kepatuhan wajib pajak yang belum memenuhi target menjadi kendalanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mental accounting, literasi perpajakan, digitalisasi layanan perpajakan, dan media sosial terhadap intensi kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi dengan jumlah sampel sebanyak 153 sampel yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mental accounting, digitalisasi layanan perpajakan, dan media sosial berpengaruh positif terhadap intensi kepatuhan wajib pajak orang pribadi, sementara literasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap intensi kepatuhan wajib pajak orang pribadi.