PENGARUH TRUST, PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED RISK TERHADAP INTENTION TO USE APLIKASI INVESTASI ONLINE E-BROKERAGE

Penulis

  • Vira Yuniar Samsul Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta
  • Efraim Ferdinan Giri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53916/jam.v36i2.162

Kata Kunci:

trust, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk, intention to use aplikasi investasi online e-brokerages

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara trust, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk terhadap intention to use aplikasi investasi online e-brokerage. Penelitian ini merupakan sata primer dan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode sampel bertujuan (purposive sampling), sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survei kuesioner dengan responden sebanyak 132 orang. Responden ini diambil dari berbagai orang yang menggunakan aplikasi investasi online e-brokerages dengan karateristik usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan pendidikan yang berbeda. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Structural Equation Modelling dengan aplikasi Smart Partial Lease Squares (Smart PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived ease of use dan perceived risk berpengaruh positif terhadap intention to use aplikasi investasi online e-brokerages, sedangkan trust dan perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap intention to use aplikasi investasi online e-brokerage.

Diterbitkan

2025-08-21